Tip Cara Diet Alami Untuk Wanita Habis Melahirkan

Tip Cara Diet Alami Untuk Wanita Habis Melahirkan - Sudah menjadi kebiasaan bahwa wanita setelah melahirkan akan mengalami lonjakan berat badan. Selama proses kehamilan biasanya wanita banyak menerima asupan gizi untuk kesehatan bayi di dalam perut. Kebiasaan inilah yang menyebabkan wanita hamil mengalami peningkatan berat badan, dan ini akan berlangsung sampai dan setelah proses melahirkan. Ada tahapan-tahapan, tip dan cara bagaimana diet yang aman dan alami setelah melahirkan.

Diet untuk ibu menyusui merupakan hal yang sangat mungkin untuk anda lakukan. Namun, sebelum anda memutuskan untuk melakukan diet sebaiknya anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai beberapa hal yang harus diperhatikan untuk diet ketika menyusui.

Tentu bukan diet sepeti yang biasa anda lakukan, karena ketika anda menyusui tentunya ingin memberikan asupan gizi yang cukup untuk buah hati anda melalui ASI dan di sisi lain, anda juga ingin mendapatkan badan yang ideal setelah melahirkan. Kedua hal ini bukan merupakan suatu pilihan tetapi sebenarnya kedua hal ini dapat anda lakukan secara bersamaan.

Membahas lebih lanjut mengenai diet untuk ibu menyusui, sebenarnya tubuh seorang ibu setelah melahirkan akan berangsur pulih meskipun anda tidak melakukan diet. Namun, hal ini tentunya akan terjadi jika porsi makan anda juga tidak berlebih jika dibandingkan dengan masa sebelum kehamilan.
Mungkin ada sebagian dari anda yang justru berat badannya terus meningkat setelah melahirkan meskipun pada dasarnya anda memiliki tubuh yang ideal sebelum masa kehamilan.

Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini admin akan membagikan info mengenai saran melakukan diet untuk ibu menyusui. Mungkin ada sebagian dari anda yang sampai saat ini masih mengalami kebingungan dalam melakukan diet, silahkan simak uraian berikut ini.

1-3 bulan pertama

Pada saat 1-3 bulan setelah melahirkan berat badan anda sudah dapat dipastikan tidak ideal karena memang efek dari melahirkan adalah terjadinya peningkatan berat badan yang cukup signifikan. Namun, anda tidak perlu khawatir karena pada masa ini, buah hati anda membutuhkan ASI eksklusif dari anda sehingga tanpa melakukan diet untuk ibu menyusui, secara alami berat badan anda akan berangsur turun.
Sebaiknya pada 3 bulan pertama ini, anda makan makanan sehat sehari-hari agar buah hati anda mendapat suplay gizi yang cukup tanpa harus menambah porsi makan anda. Selain itu, anda dapat menambahkan susu yang tentunya rendah lemak ke dalam menu makanan sehat sehari-hari anda.

3-6 bulan

Diet untuk ibu menyusui pada usia 3-6 bulan setelah melahirkan pada dasarnya hampir sama dengan usia 1-3 bulan setelah melahirkan. Namun, jika pada usia 3-6 bulan ini berat badan anda juga tidak turun, sebaiknya anda mulai mengontrol jenis makanan yang anda makan. Sebisa mungkin anda menghindari makanan yang kaya akan lemak yang dapat mempengaruhi berat badan anda dan juga sebenarnya konsumsi lemak yang berlebih kurang bagus untuk buah hati anda.

Setelah 6 bulan

Usia 6 bulan setelah melahirkan anda tetap harus memperhatikan variasi makanan yang anda konsumsi. Untuk usia ini anda dapat melakukan aktivitas yang sifatnya membakar kalori karena kenaikan berat badan setelah melahirkan dapat juga disebabkan oleh kurangnya aktivitas yang membutuhkan banyak energy.

Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti jogging ataupun jalan-jalan dan yang perlu anda ingat bahwa diet untuk ibu menyusui pada usia ini, anda tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga berat mengingat anda dalam kondisi menyusui.

Apabila setelah menginjak 12 bulan atau 1 tahun setelah melahirkan anda sudah mengikuti langkah diet untuk ibu menyusui tetapi berat badan anda belum kembali seperti sebelum hamil, sebaiknya anda mulai meningkatkan diet anda. Lakukan olahraga secara rutin dan jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh anda dengan minum minimal 6-8 gelas air putih per hari.
Demikian uraian menarik yang dapat admin berikan mengenai diet untuk ibu menyusui. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Demikian artikel Tip Cara Diet Alami Untuk Wanita Habis Melahirkan semoga bermanfaat bagi ibu menyusui. Jangan lupa baca artikel lainnya : Tip dan Cara Mengecilkan Paha dan Batis, khususnya buat wanita

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel