Jenis Rumput Liar dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

Aneka Macam Jenis Rumput Liar dan Manfaatnya Bagi Kesehatan - Rumput liar banyak tumbuh di sekeliling rumah kita. Keberadaannya kadang sangat mengganggu karena memang membuat lingkungan kurang bersih dan mengurangi keindahan, bahkan sebagian bersifat merusak tanaman hias yang sengaja kita rawat di halaman rumah kita. Namun bagi sebagian orang yang memperhatikan kesehatan tubuh dan terbiasa dengan Obat Herbal Tradisional, tanaman rumput di manfaatkan untuk bahan pembuatan jamu atau secara luas biasa di sebut herbal.

Untuk artikel kali ini saya akan membahas secara unik tentang rumput, yaitu aneka ragam jenis rumput liar dan manfaatnya bagi kesehatan. Berikut ulasannya


Jenis Rumput Liar dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Berikut adalah macam-macam rumput liar dan manfaatnya :

Khasiat Daun Rumput Pegagan

Manfaat dan Khasiat Daun Pegagan
Manfaat Daun Pegagan : Tanaman rumput ini mudah di temukan di sekitar lingkungan kita. Tanaman ini tumbuh di daerah tropis dan mudah di temui di seluruh wilayah asia tenggara termasuk Indonesia. Pegagan dikenal dengan nama latin Centella asiatica Linn Urban atau Hydrocotyle asiatica, Linn. atau Pasequinus, Rumph. Nama ini diturunkan dari bahasa latin ‘hydro’ yang berarti air karena dia sangat suka dengan kondisi lembab dan ‘cotyle’ yang berarti mangkuk karena daunnya yang sedikit berbentuk cekung. Beberapa manfaat dan khasiat rumput pegagan ini adalah sebagai berikut :




  • Sejak ribuan tahun lalu terutama oleh masyarakat India, Pakistan, Malaysia dan sebagian Eropa Timur, tanaman pegagan dipercaya bisa meningkatkan ketahanan tubuh (panjang umur), membersihkan darah, dan memperlancar air seni
  • Orang-orang Timur Jauh di Eropa bahkan menggunakannya untuk menyembuhkan lepra (penyakit menular kronik yang disebabkan oleh Mycobacterium leprae) dan tuberkulosis (TBC)
  • Di India, pegagan dikenal sebagai herba untuk awet muda dan juga tanaman ini dibuat dalam bentuk sirup tanpa alkohol untuk pengobatan epilepsi
  • Sementara di Thailand, pegagan digunakan sebagai tonikum dan obat diare. Di Sri Lanka, tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan pengeluaran air susu
  • Sedangkan di Vietnam digunakan untuk mengatasi lemah badan karena usia lanjut (senility). Di Afrika, pegagan digunakan untuk menyembuhkan sifilis. 
  • Di Australia, pegagan telah dibuat obat dengan nama Gotu Kola yang bermanfaat sebagai anti pikun dan juga sebagai anti stress. 
  • Di Cina, pegagan dimanfaatkan untuk memperlancar sirkulasi darah, bahkan dianggap lebih berkhasiat dibandingkan dengan ginkgo biloba atau ginseng yang berasal dari Korea


Bagaimana Dengan Penelitian di Indonesia sendiri tentang manfaat pegagan ?

Menurut Prof.Dr.Ir.Latifah K Darusman, MS (Kepala Pusat Studi Biofarmaka IPB), pegagan adalah sejenis tanaman rempah yang sangat kaya manfaat. Di antara manfaat kesehatan yang bisa diberikan dari tanaman pegagan ini yaitu menangkal penyakit lepra, campak, hepatitis, demam, radang amandel, keracunan logam berat, muntah darah, wasir, dan cacingan. Selain itu Latifah juga mengatakan berdasarkan fakta ilmiah hasil penelitian di IPB, pegagan bermanfaat sekali untuk meningkatkan daya ingat dan mengandung aktivitas oksidan yang cukup baik sehingga berkaitan erat dengan ketahanan tubuh. Manfaat penting pegagan sebagai nutrisi otak karena pegagan mengandung berbagai senyawa berkhasiat obat seperti asiatikosida (triterpenoids), karotenoids, dan garam-garam mineral bermanfaat. Peranan kandungan komponen bioaktif tersebut antara lain Triterpenoids yaitu antioksidan sebagai penangkap radikal bebas yang dapat mematikan sel-sel otak dan merevitalisasi pembuluh darah. Juga kandungan vitamin yang berfungsi untuk meningkatkan stamina dan vitalitas serta sebagai antioksidan yang membantu dalam perkembangan sel-sel otak.



Khasiat Rumput Teki

Manfaat dan Khasiat Rumput Teki
Manfaat dan Khasiat Rumput Teki - Rumput teki adalah salah satu jenis rumput liar dan dari namanya rasanya sudah umum di Indonesia bahkan bisa kita temui di lahan-lahan sekeliling kita. Di India dan Cina tanaman rumput teki sudah sangat terkenal sebagai bahan pembuatan obat alamiah. Tanaman ini termasuk dalam familia Cyperacceae dengan nama latin Cyperus rotundus. Bagian dari rumput teki yang bisa digunakan sebagai obat adalah umbinya yang mengandung : Alkaloid, Flavonoid, Sineol, Pinen, Siperon, Rotunal, Siperenon dan Siperol. Berikut adalah manfaat dan khasiat dari rumput teki :

  • Menormalkan siklus haid.
  • Menghilangkan rasa sakit.
  • Sebagai obat penenang.
  • Mengatasi demam.
  • Mengobati gangguan saluran pencernaan.
  • Khasiat lain ada di bawah postingan ini.



Manfaat Rumput Alang-Alang

Khasiat dan Manfaat Rumput Alang-alangKhasiat dan Manfaat Rumput Alang-alang | Merupakan rumput  liar, yang mudah tumbuh di  tempat –tempat yang sering di tumbuhi tanaman liar lainnya, tanaman / rumput alang – alang ini dapat tumbuh dengan baik  di tempat – tempat yang jarang  di jamah oleh orang, missal di pegunungan, pekarangan yang sudah tidak pernah di jamah lagi, dan tempat – tempat perkebunan yang  sudah lama tidak dipakai lagi,  alang – alang merupakan tanaman rumput yang sangat cepat berkembang. Sebagai tanaman herbal, khasiat rumput ini berada pada akarnya dan berikut adalah manfaat-manfaat yang terkandung di dalam akar alang-alang :

Akar alang-alang mengandung Air (81,00714% ), Karbohidrat(6,3072%),Serat (5,8580%), Abu (1,1301%), monitol, senyawa K, sakarosa, glukosa, malic acid, citric acid, arundoin, cyllindrin, fernenol, simiarenol, anemonin yang berguna untuk memperlacar pengeluaran air seni (diuretik), menurunkan panas (antipiretik) dapat menurunkan tekanan darah tinggi meluruhkan kencing. Serta mencegah dan mengatasi penyempitan pembuluh darah, memperlancar peredaran darah, bengkak karena peradangan ginjal akut, infeksi saluran kemih, muntah darah, batuk darah, air kemih. Bahkan berdasarkan penelitian akar alang –alang dapat menyembuhkan  sakit kuning (hepatitis)


Manfaat dan Khasiat Rumput Mutiara

Manfaat dan Khasiat Rumput Mutiara
Seluruh bagian rumput mutiara dapat digunakan sebagai obat, baik dalam segar maupun melalui proses pengeringan. Di Cina, rumput ini cukup populer sebagai salah satu herbal penyambuh.

Khasiat rumput mutiara antara lain menyembuhkan radang usus buntu, tersumbatnya saluran sperma sehingga sulit punya keturunan, radang amandel, hepatitis, gondongan, infeksi saluran kemih, bisul, Jerawat dan borok.

Kandungan senyawa dalam rumput mutiara anatara lain ursolic acid, stigmasterol, hentriacontane, beta-sitosferol, dan flavonoid glycosides. Hati-hati dalam mengonsumsi rumput mutiara, sehari maksimal 15-50 gram rumput mutiara yang direbus dan diminum airnya satu gelas saja. Apabila berlebihan, dapat mengakibatkan penurunan sel darah putih dan rasa kering pada mulut dan tenggorokan.


Demikian artikel tipcarasehat tentang manfaat dan khasiat rumput liar. Sebetulnya sangat banyak sekali Aneka Rumput Liar dan Manfaatnya Untuk Kesehatan, namun kali ini sebagian saja yang bisa kami ulas. Semoga bermanfaat bagi pembaca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel