Tip Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Rambut merupakan benda berharga bagi seorang perempuan. Selain fungsinya sebagai pelindung kulit kepala, rambut juga mampu menambah kepercayaan diri pemiliknya. Namun mengurus rambut merupakan pekerjaan yang tidak bisa dianggap remeh. Ada sebagian perempuan yang rambutnya indah tanpa perlu perawatan khusus. Namun ada yang walaupun sudah melakukan perawatan ekstra, rambutnya tetap bermasalah, misalnya ketombe atau rambut rontok.

Tip Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok
Penyebab rambut rontok ada banyak, diantaranya sebagai berikut:

  1. Hormon
    Wanita seringkali mengalami perubahan hormon. Perubahan-perubahan hormon dalam tubuh dapat menyebabkan rambut rontok. Sebagai contoh selama masa kehamilan atau setelah melahirkan. Namun jangan khawatir, ketika hormon stabil, rambut akan normal.
  2. Stres
    Stress memberi tekanan kepada otak dan psikologi seseorang sehingga dapat memicu kerontokan rambut. 
  3. Pengaruh Obat
    Rambut rontok juga dapat dipicu oleh konsumsi obat-obatan kimia. 
  4. Kurang gizi
    Kulit kepala dan rambut membutuhkan nutrisi juga, diantaranya vitamin dan mineral. Nutrisi tersebut diperoleh dari makanan yang dikonsumsi seseorang. Ketika makanan yang dimakan tidak berkualitas, artinya tidak mengandung nutrisi atau gizi seluruh bagian tubuh, termasuk kulit kepala, maka rambut akan mengalami kerontokan.
  5. Hair Styling
    Penggunaan banyak bahan kimia pada rambut bisa menyebabkan rambut rontok. Terlalu sering ganti warna rambut, penggunaan hairspray, sasak rambut, pengering rambut, dan lain-lain bisa mengakibatkan rambut stres. 


Kerontokan yang berlanjut akan menyebabkan kebotakan. Tentunya tidak seorang perempuanpun yang mau mengalaminya. Oleh karena itu, masalah rambut harus diatasi segera. Di bawah ini adalah beberapa tips cara alami mengatasi rambut rontok.

  1. Sisir rambut setelah kering
    Jika Anda baru selesai keramas, jangan langsung menyisir rambut Anda karena itu akan menyebabkan rambut Anda rontok. Ibaratkan tanaman yang baru di siram, tanahnya menjadi gembur (lembut) sehingga sangat mudah untuk mencabut tanaman yang ada di atasnya.
  2. Hindari gonta-ganti shampo.
    Kulit kepala memiliki kecenderungan untuk cocok dengan merek shampo tertentu karena kandungan kimia yang ada di dalamnya. Jika Anda mengganti shampo yang Anda gunakan, kulit kepala dipaksa untuk beradaptasi dengan senyawa kimia shampo baru itu. Ini bisa menyebabkan rambut stress.
  3. Pola hidup sehat
    Terapkan gaya hidup sehat dengan olahraga secara rutin dan makan makan yang banyak mengandung nutrisi. Hindari makanan junk food atau yang tidak terjamin kebersihannya.


Jika rambut rontok lebih dari 80 helai perhari, Anda dapat menggunakan beberapa bahan-bahan alami berikut sebagai obat alami rambut rontok.

  1. Seduh teh dan endapankan selama semalaman. Keesokkan harinya, usapkan air endapan tersebut ke kulit kepala sebelum keramas.
  2. Seledri, Blender seledri dan telur hingga rata. Setelah itu usapkan pada kulit kepala. Bilas setelah beberapa menit.


Demikian ulasan tentang kesehatan rambut mulai dari penyembab rambut rontok, cara alami mengatasi rambut rontok sampai solusi untuk pertumbuhan rambut. Dan jangan lupa penggunaan sisir, jangan menggunakan sisir yang terlalu rapat untuk rambut anda yang mudah rontok. Semoga tip tip ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel