Tips Cara Ampuh Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak

Tips Cara Ampuh Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak | Penyebab gigi anak berlubang diantaranya adalah makanan manis. Makanan manis memang sangat digemari oleh kalangan anak-anak, seperti permen, cokelat, kue dan sirup. Namun banyak dari mereka ketika mengkonsumsi makanan-makanan manis tersebut tidak diimbangi oleh perawatan. Anak-anak kecil yang tidak dibiasakan menggosok gigi sejak dini akan sangat susah untuk diajak menggosok gigi saat besar nanti. Padahal menggosok gigi sangat penting untuk kesehatan, khususnya kesehatan gigi dan mulut. Menggosok gigi, sebaiknya dilakukan minimal 2 kali sehari. Ketika bangun tidur dan hendak tidur. Sisa-sisa makanan yang dibiarkan mengendap ketika tidur, akan menggerogoti gigi.

Mitos jaman dulu, penyebab gigi sakit pada anak dikarenakan gigi dimakan oleh ulat-ulat kecil yang masuk ke dalam gigi. Ulat-ulat itu menggerogoti gigi karena ada sisa-sisa makanan. Zaman dulu mengobati sakit gigi lebih menggunakan cara adat yaitu dengan meniup asap yang berasal dari kayu bakar, selanjutnya gigi diberi minyak untuk kemudian diambil ulat-ulat kecilnya.

Gigi yang sakit selain karena faktor gigi yang mau tanggal, juga disebabkan oleh gigi yang berlubang. Lubang gigi pada tahap awal tidak menimbulkan gejala yang serius pada gigi. Penyebab gigi anak berlubang terjadi akibat sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut akan tumbuh dan mengembangbiakan bakteri-bakteri. Pada saat bakteri bereaksi dengan makanan akan menghasilkan zat asam yang dapat merusakgigi. Proses perusakan gigi kan berlangsung lama karena adanya email gigi yang kuat melindunginya. Gigi yang sudah tidak terlindungi oleh email gigi akan semakin cepat rusak bila terkena zat asam sehingga akan menimbulkan lubang gigi lebih dalam dan semakin dalam. Untuk gigi yang sudah terlanjur berlubang, ia tak akan kembali menjadi utuh. Hanya perlu tindakan dokter seperti menutup lubang gigi agar tidak semakin parah.

Tips cara ampuh mengatasi sakit gigi pada anak dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obat kimia atau cara alamiah dengan menggunakan bahan-bahan yang dapat Anda temukan dengan mudah di sekitar Anda. Menggunakan obat-obat kimia harus dengan pengawasan dokter karena beberapa obat dilarang untuk orang-orang tertentu khususnya pada anak. Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi:

  1. Daun Cabai Merah
    Petik daun cabai merah yang masih segar untuk diambil getahnya. Kemudian teteskan getah daun cabai pada gigi anak yang berlubang. 
  2. Batang Kemuning
    Ambil batang kemuning dengan ukuran sedang kemudian bakar sehingga menghasilkan minyak. Selanjutnya teteskan minyak ke dalam gigi yang berlubang. 
  3. Minyak Cengkeh
    Teteskan minyak cengkeh pada kapas. Kemudian oleskan ke gigi anak yang sakit.
  4. Biji Alpukat Sediakan
    1 buah biji alpukat untuk di sangria. Tumbuk hingga halus kemudian oleskan pada gigi anak yang berlubang. 
  5. Air Garam
    Air garam merupakan obat penanganan sakit gigi yang paling mudah menggunakannya. Campurkan air dengan garam, kemudian gunakan untuk berkumur-kumur.

Demikian tip-tip cara alamiah dan aman untuk mengatasi sakit gigi pada anak kecil. Semoga tip ini bisa bermanfaat dan membantu anda ketika anak-anak anda mengalami sakit gigi. Selama belum parah dan bisa di atasi sendiri dengan cara alamiah bisa menerapkan cara diatas, jika sakit terus berlanjut dan butuh penanganan lebih yah sebaiknya di bawa ke dokter.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel