Tip Cara Mengatasi Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil

Cara Mengatasi Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil | Pernahkah Anda merasakan sakit gigi? Jika pernah, pastilah Anda tahu bagaimana menderitanya terserang sakit itu. Hal itu disebabkan oleh syaraf pada gigi yang ternyata berhubungan dengan syaraf-syaraf lainnya pada tubuh. Bilamana sakit gigi yang teramat sakit itu menyerang Ibu hamil? Pengobatan apapun untuk ibu hamil haruslah berhati-hati karena akan membahayakan kandungan dan janinnya. Sakit gigi sendiri terjadi akibat bakteri gigi dan mulut karena kurangnya perawatan. Hal ini bisa mengancam keselamatan janin Anda. Diidentifikasikan bahwa, beberapa ibu hamil lebih rentan mengalami sakit gigi kerena terjadinya perubahan hormon, sehingga gusi lebih mudah berdarah. Departemen Kesehatan Negara Bagian New York menegaskan bahwa gigi pada Ibu hamil harus lebih diperhatikan untuk mengurangi resiko terhadap janin.

Tip Cara Mengatasi Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil
Sebab-sebab sakit gigi pada ibu hamil meliputi banyak hal seperti, rongga gigi yang terluka, abses gigi, penyakit gusi, iritasi pada akar gigi, sindrom gigi retak, impaksi, erosi pada gigi, panas dalam, makanan pedas atau dingin. Perlu Tip Cara Mengobati Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil sehingga tidak membahayakan kandungan maupun janin, diantaranya :


  1. Kompres
    Kompres pipi atau pada bagian luar gigi yang sakit menggunakan air hangat atau air dingin menggunakan handuk atau kantung air yang bisa ditempelkan pada pipi.suhu dingin dapat memberikan rasa kebas pada sisi gigi yang sakit. 
  2. Sikat Gigi Minimal 2 kali sehari
    Pilihlah sikat gigi yang berbulu halus. Sikap gigi minimal 2 menit.Keasaman mulut dapat diatasi dengan berkumur air hanta yang dicampur dengan garam dapur. 
  3. Hindari Pencabutan gigi
    Pada masa kehamilan 1-3 bulan. ibu hamil disarankan untuk tidak melakukan pencabutan gigi. Pencabutan akan mngakibatkan reaksi janin akibat obat anestesi dan kontrkasi. 
  4. Konsultasi Dokter
    Konsultasi segera bila mengalami sakit gigi sehingga akan mendapat informasi yang jelas agar mengetahui cara mengatasi sakit gigi untuk ibu hamil ataupun obat sakit gigi aman buat wanita hamil. Jangan mengkonsumsi sembarang obat sebelum berkonsultasi pada dokter. 


Walaupun obat-obat yang diberikan oleh dokter dirasa aman untuk ibu yang sedang hamil, tak ada salahnya mencoba obat sakit gigi aman buat wanita hamil. Berikut resep tradisional untuk mengatasi sakit gigi pada wanita hamil :


  1. Bawang Merah/Bawang Putih
    Potong kecil bawang merah/bawang putih. Taburi sedikit garam. Dan kunyahlah pada daerah gigi yang sakit. 
  2. Jeruk Nipis
    Peras jeruk nipis untuk diambil airnya. Oleskan atau gunakan untuk berkumur-kumur di daerah yang sakit. 
  3. Minyak cengkeh
    Tuangkan sedikit minyak cengkeh pada kapas. Oleskan pada gigi yang sakit. 
  4. Balsem Atau Minyak Angin
    Oleskan balsem atau minyak angin pada kapas. Gigit kapas dibagian gigi yang sakit. Bila mengeluaran air liur, buanglah. Obat ini bukan untuk ditelan. 
  5. Garam
    Campurkan garam pada air hangat. Gunakan air untuk berkumur-kumur. 
  6. Buah Pinang
    Siapkan buah pinang, garam, kunyit, dan meniran secukupnya. Tumbuklah semua bahan menjadi satu. Seduh bahan-bahan yang sudah halus tersebut dengan air mendidih lalu saring. Minumlah ramuan ini secara teratur. Paling tidak sehari 3kali. 
  7. Daun Sirih
    Cuci daun sirih hingga bersih, gulung hingga bulat, kemudian kunyah pada bagian gigi yang sakit hingga cairan daun sirih masuk sela-sela gigi. Kemudian setelah daun sirih lembut masukan sedikit air yang digunakan untuk berkumur-kumur, buang.


Demikian artikel singkat dengan topik Cara Mengatasi Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya untuk wanita yang sedang hamil.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel