Tip dan Cara Mengatasi Ngantuk Saat Puasa

Tip dan Cara Mengatasi Ngantuk Saat Puasa - Tahukah anda bahwa setiap puasa, selain lapar dan haus, hal yang paling sering terjadi adalah menahan rasa kantuk yang luar biasa ?. Kantuk saat puasanya kuncinya adalah di makanan.

 

Kantuk yang menyerang saat puasa di siang hari bisa mengganggu aktivitas rutin. Apalagi bagi para pekerja, rasa kantuk bisa menyebabkan tertundanya pekerjaan. Tubuh merasakan lemas dan mengantuk disebabkan kurangnya kadar gula darah ke otak sehingga mempengaruhi kinerja otak. Penyebab lainnya karena kurangnya zat besi dalam tubuh saat makan sahur.

Sangat baik makan sayuran hijau seperti bayam, sawi, kangkung, katuk serta protein dari ikan dan kacang-kacangan. Makanan yang banyak mengandung zat besi ini cukup membantu tubuh menyerap oksigen lebih banyak ke otak sehingga rasa kantuk akan hilang. Puasa juga cenderung membuat orang ingin makan apa saja ketika berbuka. Kebanyakan makan juga akan memicu rasa kantuk. Selain itu makan banyak ketika berbuka membuat organ tubuh dipaksa kerja berat setelah seharian istirahat. Kondisi ini justru yang meyebabkan badan menjadi sakit.

Buah dan sayur jangan ditinggalkan saat buka dan sahur. Kandungan vitamin C yang banyak di buah dan sayur membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Selain itu buah dan sayur juga baik buat menjaga kondisi badan saat puasa biar tidak mudah meriang dan badan tetap segar. Minum air putih yang banyak saat sahur lebih baik daripada banyak makan dan minum yang manis-manis. Gula yang terlalu banyak dikonsumsi saat sahur akan membuat tubuh segar sesaat dan kemudian tubuh akan layu.

Puasa yang benar sesuai syariat justru akan membuang racun di tubuh. Organ pencernaan juga diberi kesempatan untuk rehat seharian agar tidak mengalami kekelahan karena dipakai terus-menerus.

Selain soal makanan baik pada saat makan sahur dan buka puasa, jangan lupa olah raga tetep jangan di tinggalkan. Olah raga disini tentu saja bukan olah raga yang berat, cukup olah raga ringan, seperti jogging ringan, jalan kaki ringan yang penting kondisi metabolisme badan tetep terjaga dengan aktivitas aktivitas ringan. Saat bulan puasa juga sangat baik untuk menjalankan program diet, khususnya bagi anda yang mempunyai kelebihan berat badan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel