Tip Cara Menambah Nafsu Makan Anak dan Balita

Mengatasi Anak dan Balita Susah Makan - Problem utama pada anak adalah ketika menghadapi nafsu makan anak yang kurang. Napsu makan yang kurang membuat pertumbuhan anak menjadi lambat dan kurang sehat. Banyak cara sebetulnya yang bisa membuat nafsu makan anak menjadi meningkat. Mulai dari menu makanan, suplemen berupa vitamin untuk meningkatkan nafsu makan anak, kemudian ramuan tradisional sampai mengolah makanan biasa menjadi sesuatu yang menarik di mata anak tentunya akan membuat nafsu makan anak menjadi meningkat.

Berikut adalah beberapa Tip dan Cara Menambah Nafsu Makan Anak dan Balita :
  1. Menu Makanan yang bergizi dan berprotein - Membiasakan memberikan menu makanan yang bergizi, bervitamin dan kaya nutrisi secara tidak langsung akan merangsang nafsu makan anak. Pada awalnya memang susah, namun butuh kesabaran dari bunda untuk memberikan asupan makanan yang sehat. Nafsu makan anak menjadi berkurang bisa jadi karena tubuhnya tidak sehat, sehingga butuh vitamin dan nutrisi lebih untuk mengatasi
  2. Makanan yang menarik - Tip ini butuh kreatifitas dari ibu untuk bisa menyajikan resep masakan yang menarik bagi anak, anak kecil menyukai bentuk-bentuk bulat kecil dan cenderung ada rasa manisnya, tidak ada salahnya dari bahan makanan yang sederhanapun akan mampu menumbuhkan rangsangan pada anak untuk memakannya. Contohnya, tempe, jagung atau tahu bisa di cincang dan di haluskan untuk di bentuk bulat-bulat, jagung bisa dibuatkan dadar jagung yang berbentuk bulatan-bulatan kecil dan bisa ditambahkan gula jawa didalamnya sebagai pemanis.
  3. Kreasi Nasi - Bagi anak kecil, nasi yang biasa-biasa saja tentunya terlihat sangat membosankan. Cobalah membuat bagaimana nasi menjadi sesuatu yang menarik dimata anak. Salah satunya adalah Resep Nasi Gulung Isi Sosis. Beberapa ibu sudah mencobanya dan terbukti anak jadi doyan makan nasi karena dilihatnya menarik. Kalau tidak ada sosis, bisa di ganti dengan kuning telur atau telur dadar.
  4. Ramuan Tradisional - Jika cara-cara diatas masih belum mempan, langkah terakhir yang bisa di coba adalah dengan memberikan ramuan tradisional yang bermanfaat buat meningkatkan nafsu makan pada anak. Beberapa ramuan tradisional yang bisa di coba adalah sebagai berikut :
  • Lempuyang : Caranya : Parut lempuyang yang masih segar sebesar ibu jari, tambahkan sedikit air, aduk rata kemudian saring sambil diperas airnya. Tambahkan air perasan lempuyang dengan asam setengah gelas, gula merah dan garam secukupnya. Minum ramuan tersebut satu kali sehari dengan gelas kecil.
  • Daun Enceng-Enceng : Caranya : Ambil 30 lembar daun enceng-enceng yang masih segar, cuci sampai bersih dan asap-asapkan sebentar. Kemudian makan daun enceng-enceng tersebut dua kali dalam sehari sebagai lalap, untuk anak-anak Anda bisa mencampurkannya dalam makanan.
  • Biji mahoni : Caranya : Ambil setengah sendok teh biji mahoni, sedu dengan air panas setengah gelas, tambahkan satu sendok makan madu. Minum ramuan tersebut sehari 3 kali dengan dosis satu sendok makan.
  • Daun pepaya : Caranya : Ambil satu genggam daun pepaya yang masih segar lalu cuci sampai bersih, parut atau tumbuk daun pepaya dan tambahkan dengan sedikit air. Saring airnya dan tambahkan dengan satu sendok makan madu. Minum ramuan daun pepaya sehari dua kali dengan dosis setengah gelas.
Silahkan mencoba salah satu ramuan diatas yang sekiranya bahannya mudah di dapat. Menghadapi kesulitan pada anak yang dibutuhkan adalah kesabaran dan ketelatenan seorang Ibu. Untuk minum ramuan sudah pasti anak akan menolaknya, namun jika itu bagus untuk meningkatkan nafsu makan pada anak, kenapa tidak. Selamat mencoba

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel