Manfaat Kopi dan Cara Mengolah Minuman Kopi Yang Sehat

Manfaat Kopi dan Tip Cara Sehat Mengolah Minuman Kopi. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa minum kopi sangat baik untuk kesehatan. Selain baik untuk mengurangi resiko terhadap stroke, kopi bagi sebagian orang di percaya bisa mengurangi rasa kantuk dan membuat badan menjadi lebih bugar dan terhindar dari lelah. Dalam konteks baik ini tentu saja penggunaannya dalam tingkat yang wajar, sebab terlalu banyak minum kopi juga tidak baik untuk kesehatan. Apa saja manfaat minum kopi ?, berikut adalah beberapa manfaat minum kopi :


Mencegah batu empedu
Peneliti Harvard pada 2002 menemukan bahwa wanita yang minum setidaknya empat cangkir kopi sehari bisa menurunkan risiko batu empedu hingga 25 persen.

Mengurangi depresi
Dalam laporan Archives of Internal Medicine pada 2011 disebutkan bahwa perempuan yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari dapat menurunkan risiko depresi hingga 15 persen. Sementara orang yang minum empat cangkir sehari memiliki risiko depresi 20 persen lebih rendah.

Meningkatkan memori
Dalam sebuah penelitian yang dipresentasikan pada 2005 di Amerika Utara, para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi dua cangkir kopi rata-rata memiliki memori jangka panjang. Menariknya, sebuah studi 2007 menemukan bahwa wanita dan laki-laki berusia 65 tahun keatas dan minum tiga cangkir kopi setiap hari hanya mengalami sedikit penurunan memori. Sementara para peneliti di University of South Florida pada tahun 2011 malah menyarankan lansia untuk minum kopi sebanyak empat sampai lima cangkir setiap hari untuk mengurangi risiko Alzheimer.

Menurunkan Risiko Diabetes
Penelitian yang dilakukan pada Januari 2012, 'Journal of Agricultural & Food Chemistry' menyebutkan bahwa ada senyawa dalam kopi yang dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Mengurangi Risiko Kanker
Sebuah studi pada 2008 di Swedia menemukan bahwa minum dua sampai tiga cangkir sehari dapat mengurangi risiko kanker payudara. Studi pada 2011 yang dipublikasikan di 'Breast Cancer Research' juga menemukan bahwa minum lima cangkir atau lebih juga bisa menurunkan risiko kanker payudara sekitar 20 persen.

Tak hanya bermanfaat bagi perempuan, karena studi yang disebut dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa kopi dapat menurunkan risiko kanker prostat.

Meningkatkan metabolisme
Jika sebuah studi pada 1980 menyebutkan bahwa kopi dapat meningkatkan  metabolisme, pada studi 2006 peneliti menemukan ekstrak kopi dapat meningkatkan berat badan orang dewasa selama 22 minggu.

Mengurangi risiko penyakit Parkinson
'The Journal of American Medical Association' pada tahun 2000 menemukan bahwa konsumsi kafein bisa menurunkan risiko Parkinson. Dan pada sebuah studi 2010, minum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit yang sama.

Sebagai Antioksidan
Dalam penelitian yang dilakukan Harvard Edward Giovannucci yang diterbitkan dalam 'Cancer Epidemiology , Biomarkers & Prevention', mencatat bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan daripada sayuran dan buah-buahan. Bahkan pada 2005 disebutkan bahwa kopi merupakan sumber antioksidan nomor satu di Amerika.

Meningkatkan kinerja
Kopi memang sering dikaitkan dengan meningkatnya daya tahan dan kinerja tubuh. Sebuah penelitian pada 2008 yang menyertakan atlet menyimpulkan bahwa minum kopi dapat membuat atlet tampil baik selama latihan meskipun kurang tidur.

Pencegahan asam urat
Studi pada 2007 menyebutkan, orang yang minum enam cangkir sehari bisa menurunkan risiko asam urat sebanyak 60 persen.


Itu adalah manfaat dari kopi. Nah sekarang bagaimana mengolah atau cara menyajikan minuman kopi agar manfaat-manfaat diatas lebih terasa ?, berikut adalah tip-tipnya :


  1. Hindari pemakaian gula yang berlebihan : Lebih baik kopi hitam dan bisa juga ditambahkan sirup mapel. Di coffee shop hindari memesan latte, frappucino, cappucino dan sejenisnya. Karena kandungan gulanya sangat banyak. secangkinya mengandung kurang lebih 300 – 400 kalori.
  2. Hindari penggunaan krimer yang berlebihan : Krimer terbuat dari sirup jagung, Sebenarnya yang aman gunakan krimer yang terbuat dari santan kelapa, lebih sehat. Karena mengandung lemak jenuh sehat yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.
  3. Penambahan Bubuk Kayu Manis atau Coklat : Ini untuk menambah kenikmatan dari kopi tersebut dan manfaatnya juga di sinyalir bisa menambah antioksidan.
  4. Air bersih dan Matang : Nah ini yang paling penting, gunakan air bersih dan bener-bener matang. Dan lagian kopi dengan seduhan air yang panas dan matang memberikan rasa kopi yang lebih nikmat dan terasa.
Demikian artikel tentang Manfaat Kopi dan Cara Mengolah Minuman Kopi Yang Sehat, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua khususnya pecinta kopi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel