Cara Alami Membuat Bayi Tumbuh Sehat dan Cerdas

Memiliki anak yang cerdas tentunya diinginkan oleh hampir semua ibu, bahkan sebagian orang percaya untuk memiliki anak yang cerdas harus mempersiapkannya sejak anak masih dalam kandungan. Sebagai orang tua, Anda bisa menerapkan beberapa cara alami membuat bayi tumbuh sehat dan cerdas berikut ini.

Permainan Asah Otak 
Permainan-permainan seperti, teka-teki silang, catur atau permainan tebak-tebakan dapat melatih otak kiri anak Anda. Berikan permainan mulai dari yang mudah, kemudian tingkatkan hingga yang sulit.

Musik 
Sejak lama musik diketahui bisa meningkatkan kerja otak kanan. Ini akan menjadi pelengkap dari berkembangnya otak kiri. Penelitian lama menyatakan bahwa musik klasik mampu meningkatkan kecerdasan anak, namun penelitian selanjutnya membatah hal tersebut. Seorang ilmuwan asal Iran melakukan penelitian dan menunjukkan bahwa otak bekerja lebih baik ketika mendengarkan murotal.

ASI 
Pemberian ASI eksklusif pada bayi selain berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya terhadap serangan penyakit, juga terbukti meningkatkan kecerdasan anak kelak. Seorang peneliti asal Denmark menemukan bahwa bayi yang mengkonsumsi ASI secara terus menerus hingga usia 9 bulan lebih cerdas dibandingkan bayi-bayi yang hanya diberi ASI kurang dari satu bulan.

Gizi yang terpenuhi 
Berikan makanan yang bergizi pada anak Anda jika ingin anak Anda menjadi anak yang cerdas dan sehat. Beberapa vitamin untuk bayi adalah:
Vitamin A yang akan berperan pada kesehatan mata bayi. ASI merupakan sumber terbaik vitamin ini, selain buah-buahan, sayuran berwarna hijau tua dan kekuningan.
Vitamin B kompleks membangun sistem kekebalan tubuh bayi.
  • Vitamin C akan mempermudah penyembuhan luka, ketahanan tubuh terhadap infeksi. 
  • Vitamin K berfungsi mencegah pendarahan internal yang mungkin terjadi pada bayi.
  • Vitamin E untuk kekebalan tubuh bayi. 
  • Vitamin D berperan dalam pembentukan gigi dan tulang bayi. Selain vitamin-vitamin tersebut, mineral seperti zat besi dan fluoride juga penting bagi pertumbuhan kecerdasan dan kesehatan bayi Anda. Vitamin-vitamin dan mineral tersebut semuanya terdapat pada ASI. Selain itu juga terdapat pada beberapa bahan-bahan alami yang dapat dikonsumsi bayi Anda setelah. Cukup haluskan bahan-bahan makanan tersebut sebelum diberikan keada bayi Anda. Berikut adalah beberapa makanan yang membuat bayi cerdas
  • Minyak ikan yang banyak mengandung lemak esensial dan omega-3 yang merupakan makanan otak. Jika harganya terlalu mahal, Anda bisa mengkonsumsi ikan laut segar. 
  • Tomat yang memiliki antioksidan lycopene yang mampu mencegah penyakit yang berkaitan dengan otak misalnya Sindroma Alzheimer. 
  • Brokoli mengandung vitamin C, vitamin K dan antioksidan. Vitamin K yang menjaga fungsi otak dan dapat membantu mencegah demensia. 
  • Kacang memiliki banyak vitamin E yang berperan untuk mencegah memori hilang.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel