Tip Cara Mengatasi Bayi | Balita Susah Buang Air Besar

Tip Cara Mengatasi Bayi Susah Buang Air Besar - Ketika orang dewasa mengalami gangguan buang air besar tentu akan sangat mudah untuk memberikan obat karena orang dewasa sudah bisa mengeluh. Tetapi hal ini tentu bukan hal yang mudah ketika terjadi kepada bayi atau balita. Susah buang air besar atau yang disebut konstipasi merupakan gangguan yang kerap terjadi pada bayi. Gangguan tersebut dapat terjadi selama dua minggu atau lebih dan juga gejalanya dimulai dari tinja yang keras, nyeri di daerah anus bahkan keluar darah ketika sedang BAB. Untuk itu Ibu perlu perhatikan hal-hal yang mungkin menjadi penyebab bayi Anda susah BAB.


  • Asupan cairan
    Feses akan keras ketika ketika tubuh kekurangan cairan. 
  • Susu formula
    Yang dimaksud di sini adalah susu formula yang mengandung zat besi dengan kadar yang tinggi dan susu formula yang mengandung lemak nabati seperti kelapa sawit. Selan itu, pembuatan susu yang sangat pekat juga menjadi salah satu pemicu bayi mengalami susah BAB. 
  • Pola makan
    Asupan gizi yang tidak seimbang yaitu lebih banyak makanan berlemak, karbohidrat, dan kurang mengkonsumsi makanan berserat. Selain itu, perubahan pola makan juga dapat menyebabkan susah BAB. Seperti saat bayi mulai diperkenalkan pada makanan yang padat , yang mana awalnya bayi hanya makan ASI (air susu ibu).  


Beberapa tips untuk mengatasi bayi susah buang air besar diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Untuk bayi berusia 0 – 6 bulan maka bayi sebaiknya hanya diberikan ASI eksklusif dari ibu. Asi atau air susu ibu merupakan makanan yang sangat baik untuk bayi, selain itu asi juga sangat mudah dicerna oleh pencernaan sehingga ASI sangat jarang menyebabkan konstipasi. 
  • Untuk bayi berusia di atas 6 bulan maka cara paling mudah untuk mengatasi bayi susah BAB adalah dengan memberikan sayur dan buah-buahan. Kandungan serat yang terdapat pasa sayur dan buah-buahan akan membantu melunakkan dan memperlancar buang air besar. Untuk sayur dan buah-buahan bisa disajikan dalam bentuk jus. 
  • Untuk mengatasi bayi susah BAB yang mengkonsumsi susu formula maka takaran pengenceran dan zat yang terkandung harus lebih diperhatikan lagi. Jika memang diperlukan maka tidak masalah untuk mengganti dengan susu formula yang lain. Tetapi jika susu formula sudah dirasa tepat maka langkah-langkah yang bisa sang ibu lakukan adalah:
  1. Pijat perut bayi secara perlahan dari pusat mengarah ke luar, dengan gerakan melingkar searah perputaran jarum jam menggunakan baby oil.
  2. Baringkan bayi kemudian gerakkan kakinya dengan gerakan mengayuh sepeda.
  3. Setelah itu mandikan bayi dengan air hangat agar bayi merasa lebih tenang. Ibu bisa mengoleskan obat pelancar di anus bayi jika bayi merasa sakit pada anus. Jika memang bayi masih mengalami kesaAndan maka bayi harus dirujuk ke rumah sakit.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel