Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Banyak orang yang memiliki rambut indah namun tidak sedikit orang yang mengalami masalah pada kulit kepalanya seperti berketombe. Siapapun yang mempunyai masalah ketombe, pasti tidak memiliki cukup rasa percaya diri. Ketombe terjadi karena adanya pengelupasan pada kulit kepala secara berlebihan. Pengelupasan ini disebabkan kulit kepala Anda tidak terawat atau tidak bersih. Ini mematikan sel kulit kepala mati. Sel yang mati inilah kemudian akan mengalami pengelupasan, meskipun ketombe bukan merupakan organisme yang menyerang kulit kepala seperti kutu rambut namun cukup menganggu.

Penyebab rambut berketombe diantaranya adalah jamur, keringat berlebih, kulit berminyak, shampo atau produk-produk yang tidak cocok dengan kulit kepala, dan lain-lain. Secara absolut Anda tak bisa menghilangkan ketombe sekaligus karena regenarasi sel pasti akan terjadi tapi Anda bisa mengeluarkan ketombe dan mengembalikan kulit kepala Anda menjadi normal.

Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Cara ampuh untuk menghilangkan ketombe secara alami ada banyak. Diantaranya adalah memanfatkan bahan-bahan alami yang ada disekitar Anda. Bahan-bahan tersebut bisa diolah menjadi obat ketombe alami yang bisa Anda coba. Di bawah ini adalah beberapa bahan-bahan alami yang bisa Anda manfaatkan.

  1. Jeruk Nipis
    Jeruk nipis sudah dikenal sejak dulu ampuh untuk menghilangkan ketombe. Bahkan, perusahaan-perusahaan komestik mengolahnya secara masal sebagai varian produknya. Cara menggunakan jeruk nipis untuk mengobati ketombe adalah campurkan air perasan jeruk nipis dengan santan dengan rasio satu banding satu. Lalu usapkan ke ke kulit kepala. Diamkan sebentar, lalu keramas seperti biasa menggunakan shampo. Cukup lakukan seminggu 2x. 
  2. Daun Pandan
    Daun pandan juga dapat diolah untuk menghilangkan ketombe secara alami. Sediakan air setengah gelas. Haluskan 5 sampai 7 daun pandan dan larutkan pada air dalam gelas. Peras air tersebut setelah diaduk dengan rata. Usapkan air tersebut pada kulit kepala dan rambut Anda. Bilas jika sudah agak mengering. 
  3. Jus Apel
    Blender apel dengan air hangat untuk menghasilkan jus. Setelah itu usapkan pada kepala hingga ke kulitnya. Setelah 15 menit, bilas rambut Anda. 
  4. Lidah Buaya
    Kupas lidah buaya. Ambil dagingnya dan haluskan, bisa dengan cara diblender atau diparut. Usapkan ke rambut dan kulit kepala Anda daging lidah buaya yang telah halus tersebut. Anda bisa membersihkannya 15 menit kemudian. 
  5. Olive Oil
    Untuk mengolah minyak minyak zaitun atau olive oil menjadi obat alami ketombe, Anda hanya perlu memanaskannya dengan api sedang. Setelah agak dingin, usapkan pada rambut dan kulit kepala dengan diikuti pijatan-pijatan di kulit kepala Anda. Setelah selesai, gunakan handuk untuk membungkus rambut Anda. tiga puluh menit kemudian Anda bisa bilas rambut Anda. 
  6. Minyak Kelapa
    Usapkan minyak kepala ke rambut dan kulit kepala sembari dipijat-pijat. Lalu bungkus rambut Anda dengan handuk sekitar setengah jam. Setelah itu, bilas rambut Anda menggunakan shampo.

Demikian tip singkat cara alami dan ampuh untuk menghilangkan ketombe di kepala. Ketombe yang berlebihan menyebabkan kulit kepala kering dan ujung-ujungnya Rambut Mudah Rontok. Jagalah terus kesehatan rambut anda agar sehat dan senantiasa rambut terlihat hitam mengkilap dan subur. Semoga tip ini bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel